logo mahkamah agung website ramah difable
Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama bisa mewujudkan cita-citanya untk launching Website Resmi Pengadilan Agama dengan alamat www.pa-tanggamus.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan... Lebih lanjut
Hitung Panjar Biaya Perkara Untuk menjaga Transparansi Masyarakat terhadap Lembaga Pengadilan,kini Pengadilan Agama Tanggamus menyediakan layanan Hitung Panjar Biaya berdasarkan radius tempat tinggal. Para pihak tinggal mengclik tempat tinggal Pemohon/Penggugat dan Termohon/Tergugat yang sesuai domisili, maka hasil biaya proses akan tampil dengan sendirinya Kunjungi
Putusan Pengadilan Agama Tanggamus Hukum acara peradilan agama merupakan sebuah rangkaian peraturan - peraturan yang memuat tata cara bagaimana orang harus bertindak terhadap dan dimuka pengadilan dan tata cara bagaimana pengadilan itu harus bertindak, satu sama lain untuk melaksanakan berjalannya peraturan - peraturan hukum tersebut. Tujuan dari suatu proses dimuka pengadilan adalah untuk mendapatkan penentuan bagaimanakah hukumnya dalam suatu kasus, yaitu bagaimanakah hubungan hukum antara dua pihak yang berperkara itu seharusnya dan agar segala apa yang ditetapkan itu direalisir, jika perlu dengan paksaan
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri
SIWAS (Sistem Informasi Pengawas) SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.. Telusuri
Small Claim Court ( Acara Gugatan Sederhana ) Agar warga negara lancar dalam mengurus usahanya, tentu proses mengurus sengketa bisnis perlu dipersingkat, sehingga tidak membuang waktu serta terbukanya akses bagi masyarakat kecil untuk mendapatkan keadilan di Pengadilan. Semuanya demi asas peradilan yang sederhana, cepat, biaya ringan.
Pelayanan Online pada Mahkamah Agung Informasi publik pada Mahkamah Agung RI yang dapat diakses secara online, seperti : Info Perkara, Direktori Putusan, SIPP ( Sistem Informasi Penelusuran Perkara), SIADPA ( Sistem Administrasi Perkara Peradilan Agama), SIADTUN (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Tata Usaha Negara), SIADMIL (Sistem Administrasi Perkara Peradilan Militer), serta sistem pengaduan pada Bagian Pengawasan, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi lebih baik, mudah, murah, cepat dan efisien.
Perhatian !! : Awas oknum yang mengaku atau mengatasnamakan Pegawai / Hakim Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B, diantaranya adalah : • Dapat membantu menyelesaikan perkara melalui jalan pintas dengan menyerahkan sejumlah uang kepada oknum yang bersangkutan; • Menerima pendaftaran perkara diluar gedung Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B (dirumah dll). Dengan menetapkan panjar biaya perkara diluar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B; • Menggunakan tanda pengenal yang mirip tanda pengenal Pegawai Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B / Mahkamah Agung RI. Anda perlu informasi tentang cara berperkara dan biaya perkara di Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I.B atau hubungi petugas Meja Informasi pada Pengadilan Agama Kelas I.B Tanggamus setiap hari kerja : • Pukul : 08.00-16.30 WIB • Alamat : Jalan Jendral Yani Komple Pemkab. Tanggamus • Telephone : (0722)21456• Email : pa_tanggamus@yahoo.com • Website : pa-Tanggamus.go.id Jangan memberi imbalan dengan cara dan dalam bentuk apapun kepada seluruh Pegawai / Hakim dalam berurusan dengan Pengadilan Agama Tanggamus.

BERITA PENGADILAN

Agu 19th 2018 03:32 | Vabian Sahelma
0
0
0
s2sdefault

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Mahkamah Agung RI ke 73 yang jatuh pada tanggal  19 Agustus 2018, merujuk pad arahan yang mulia Ketua Mahkamah Agung RI yang tertuang dalam surat edaran nomor :  1074/SEK/HM.01.2/08/2018, tertanggal 9 Agustus 2018 yang di terbitkan di Jakarta.

... Read more...
Agu 17th 2018 19:46 | Vabian Sahelma
0
0
0
s2sdefault

Kota Agung |www.pa.tanggamus.go.id. Pada Peringatan HUT RI Ke 73 jatuh pada hari Jum'at, 17 Agustus 2018, bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Tanggamus Kelas I B, tepat pada jam 07.30 telah

... Read more...
Agu 17th 2018 03:08 | Vabian Sahelma
0
0
0
s2sdefault

PINDAH TUGAS CAKIM PA TANGGAMUS

 

Kota Agung|www.pa-tanggamus.go.id, Kami,(16/08/2018) semenjak di keluarkannya SK CPNS / Cakim (Calon Hakim) dari MARI (Mahkamah Agung

... Read more...
Agu 08th 2018 09:45 | Vabian Sahelma
0
0
0
s2sdefault

Pelaksanaan penarikan mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Institut Agama Islam Negeri - IAIN Metro Lampung, acara yang digelar di ruang sidang PA Tanggamus Rabu (08/08/2018), dihadiri langsung oleh ketua PA Tanggamus Dra.

... Read more...
Agu 01st 2018 09:06 | Vabian Sahelma
0
0
0
s2sdefault

PA DAN PN SUKSESKAN ACARA DHARMAYUKTI KARINI SE-PROVINSI LAMPUNG

www.pa-tanggamus.go.id | Kota Agung. Pada hari ini, Rabu,01/08/2018

... Read more...

Tata Tertib Sidang

0
0
0
s2sdefault

TATA TERTIB PERSIDANGAN

  1. TATA TERTIB UMUM

Pihak pengadilan memiliki panduan mengenai tata tertib yang harus ditaati oleh semua orang yang memasuki gedung Pengadilan:

  • Ketua Majelis Hakim bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban dari semua pihak yang hadir di ruang sidang. Semua yang hadir di ruang sidang harus mentaati semua perintah yang dikeluarkan oleh Ketua Majelis Hakim.
  • Semua orang yang hadir di ruang sidang harus selalu menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan. Jika ada satu pihak yang tidak menunjukkan rasa hormat kepada institusi pengadilan, maka Ketua Pengadilan dapat memerintahkan individu tersebut untuk dikeluarkan dari ruang sidang dan bahkan dituntut secara pidana.
  • Mengenakan pakaian yang sopan.
  • Berbicara dengan suara yang jelas ketika seorang hakim atau penasehat hukum mengajukan pertanyaan, sehingga para hakim yang lain dapat mendengar dengan jelas.
  • Memanggil seorang hakim dengan sebutan “Yang Mulia” dan seorang Penasihat Hukum dengan sebutan “Penasihat Hukum”
  • Berbagai benda berikut ini tidak diperkenankan untuk dibawa ke ruang sidang: Senjata api, Benda tajam, Bahan peledak, Peralatan atau berbagai benda yang dapat membahayakan keamanan ruang sidang.

Petugas keamanan dapat melakukan penggeledahan setiap orang yang dicurigai memiliki salah satu atau lebih dari berbagai benda diatas. Siapa saja yang kedapatan membawa salah satu dari benda diatas akan diminta untuk menitipkannya di tempat penitipan khusus di luar ruang sidang. Ketika yang bersangkutan hendak meninggalkan ruang sidang, petugas keamanan dapat mengembalikan berbagai benda tersebut. Bahkan, pengunjung yang kedapatan membawa berbagai benda tersebut diatas ke dalam ruang sidang dapat dikenai dengan tuntutan pidana.

  • Dilarang membuat kegaduhan, baik di dalam maupun di luar ruang sidang
  • Duduk rapi dan sopan selama persidangan
  • Dilarang makan dan minum di ruang sidang.
  • Dilarang merokok baik di ruang sidang maupun di dalam gedung pengadilan.
  • Wajib mematikan telepon genggam selama berada di ruang sidang
  • Dilarang membawa anak-anak dibawah umur 12 tahun, kecuali Majelis Hakim menghendaki anak tersebut menghadiri persidangan
  • Membuang sampah pada tempatnya.
  • Dilarang menempelkan pengumuman atau brosur dalam bentuk apapun di dalam gedung pengadilan tanpa adanya ijin tertulis dari Ketua Pengadilan.
  • Untuk melakukan rekaman baik kamera, tape recorder maupun viderecorder, di mohon untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada Majelis Hakim.

Para pengunjung yang datang ke ruang sidang untuk melihat jalannya sidang perkara, tetapi bukanlah merupakan saksi atau terlibat dalam sidang perkara tersebut, diharapkan untuk mematuhi berbagai ketentuan sebagai berikut:

  • Wajib menghormati institusi Pengadilan seperti yang telah disebutkan diatas.
  • Wajib menaati semua tata tertib yang telah disebutkan diatas.
  • Dilarang berbicara dengan pengunjung yang lain selama sidang berlangsung.
  • Dilarang berbicara memberikan dukungan atau mengajukan keberatan atas keterangan yang diberikan oleh saksi selama persidangan.
  • Dilarang memberikan komentar/saran/tanggapan terhadap sesuatu yang terjadi selama persidangan tanpa ijin Majelis Hakim
  • Dilarang berbicara keras diluar ruang sidang yang dapat menyebabkan suara masuk ke ruang sidang dan mengganggu jalannya persidangan.
  • Dilarang keluar masuk ruang persidangan untuk alasan-alasan yang tidak perlu karena akan mengganggu jalannya persidangan.
  • Pengunjung yang ingin masuk atau keluar ruang persidangan harus meminta ijin kepada Majelis Hakim.

 

  1. TATA TERTIB PERSIDANGAN
  2. Pada saat Majelis Hakim Memasuki dan Meninggalkan Ruang Sidang, semua yang hadir berdiri untuk menghormati.
  3. Selama sidang berlangsung , pengunjung sidang harus duduk dengan sopan dan tertib ditempatnya masing-masing dan memelihara ketertiban dalam ruang sidang.
  4. Pengunjung sidang dilarang makan, nimum, merokok, membaca Koran, atau melakukan tindakan yang dapat mengganggu jalannya sidang (HP agar dimatikan/ tidak menelpon atau menerima telepon via HP).
  5. Dalam Ruang Sidang siapapun wajib menunjukkan sikap hormat kepada Pengadilan.
  6. Siapapun dilarang membawa senjata api, senjata tajam, bahan peledak, atau alat maupun benda yang dapat membahayakan keamanan sidang.
  7. Segala sesuatu yang diperintahkan oleh Ketua Sidang untuk memelihara tata tertib di persidangan, wajib dilaksanakan dengan segera dan cermat.
  8. Tanpa Surat Perintah, Petugas Keamanan Pengadilan karena tugas jabatannya dapat mengadakan Penggeledahan Badan untuk menjamin bahwa kehadiran seseorang di ruang sidang tidak membawa senjata, bahan atau alat maupun benda yang dapat membahayakan keamanan sidang.
  9. Pengambilan foto, rekaman suara, atau rekaman TV harus meminta ijin terlebih dahulu kepada Hakim Ketua Sidang.
  10. Siapapun di sidang pengadilan bersikap tidak sesuai dengan martabat Pengadilan dan tidak mentaati Tata Tertib Persidangan, dan setelah Hakim Ketua Sidang memberi peringatan, masih tetap melanggar Tata Tertib tersebut, maka atas perintah Hakim Ketua Sidang, yang bersangkutan dikeluarkan dari ruang sidang dan apabila pelanggaran tata tertib dimaksud bersifat suatu tindakan pidana, tidak mengurangi kemungkinan dilakukan Penuntutan terhadap pelakunya

 


Anda bingung bagaimana berperkara di Pengadilan?

TypographySilakan membaca bagaimana prosedur berperkara dan biaya berperkara yang berlaku saat ini pada Pengadilan Agama Tanggamus Kelas IB

PNBPP Tarif Panjar Prosedur Berperkara

Chek Jadwal Sidang

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Selain dapat dilihat pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara, Anda juga dapat melihat jadwal persidangan hari ini dengan meng-click tombol di bawah

 

Akses Salinan Putusan Pengadilan Agama Tanggamus

TypographyPutusan Pengadilan Agama Bengkalis yang telah diunggah pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia dapat diakses oleh publik

Kunjungi

Pantau Progres Pemeriksaan Upaya Hukum Kasasi/PK Anda

TypographySistem Informasi Administrasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIAP-MARI) memuat informasi data perkara pada tingkat kasasi/PK

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas