Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Tanggamus Kelas 1 B. Website ini di lengkapi fitur Text Speech atau ATR, Auto Text Reading. Dengan cara menyorot atau memblok text berita yang ingin di bacakan.   Click to listen highlighted text! Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Tanggamus Kelas 1 B. Website ini di lengkapi fitur Text Speech atau ATR, Auto Text Reading. Dengan cara menyorot atau memblok text berita yang ingin di bacakan. IT PA TANGGAMUS GSpeech
logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

BERITA TERKINI

BERITA POPULER

Laporan Keuangan Perkara

Filename Size
An Adobe Acrobat file 1. Januari 43.72 KB
An Adobe Acrobat file 2. Februari 44.5 KB
An Adobe Acrobat file 3. Maret 44.59 KB
An Adobe Acrobat file 4. April 43.75 KB
An Adobe Acrobat file 5. Mei 16.08 KB
An Adobe Acrobat file 6. Juni 15.76 KB
An Adobe Acrobat file 7. Juli 15.78 KB
An Adobe Acrobat file 8. Agustus 61.75 KB
An Adobe Acrobat file 9.September 15.84 KB

Agenda Pejabat

TATA CARA PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN

PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN

OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

  1. Sumber pengaduan :

(1)    Dari masyarakat :

–    Para pencari keadilan;
–    Pengacara;
–    Lembaga bantuan hukum;
–    Lembaga swadaya masyarakat;
–    Dewan Perwakilan Rakyat;
–    Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;
–    Kantor Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara;
–    Komisi Pemberantasan Korupsi;
–    Komisi Hukum Nasional;
–    Komisi ombudsman nasional;
–    Komisi yudisial;
–    Dan lain-lain.

(2)    Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya)

3)    Laporan kedinasan.
Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.

(4)    Informasi dari :

–    Instansi lain;
–    Media massa;
–    Isu yang berkembang.

  1.  Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;
    c.    Proses penanganan pengaduan

(1)    Pencatatan;
(2)    Penelaahan;
(3)    Penyaluran;
(4)    Pembentukan Tim Pemeriksa;
(5)    Survey pendahuluan;
(6)    Menyusun rencana pemeriksaan;
(7)    Pelaksanaan pemeriksaan

MATERI PENGADUAN

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim
  2. Penyalahgunaan wewenang atau jabatan
  3. Pelanggaran sumpah jabatan
  4. Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer
  5. Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat
  6. Pelanggran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman
  7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

 

HAK-HAK PELAPOR, TERLAPOR DAN INSTITUSI PEMERIKSA

  1. Hak Pelapor
  1. Mendapatkan perlindungan kerahasian identitas
  2. Mendapatkan kesempatan untuk memberikan keterangan secara bebas tanpa paksaan dari pihak manapun
  3. Mendapatkan informasi mengenai tahapan laporan pengaduan yang didaftarkan
  4. Mendapatkan perlakukan yang sama dan setara dengan Terlapor dalam pemeriksaan
  1. Hak Terlapor
  1. Membuktikan bahwa ia tidak bersalah dengan mengajukan saksi dan alat bukti lain
  2. Meminta berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya
  1. Hak Institusi Pemeriksa
  1. Merahasiakan kesimpulan dan hasil rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan kepada pihak Terlapor, Pelapor dan pihak-pihak lain selain kepda Pejabat yang berwenang mengambil keputusan
  2. Menentukan jangka waktu yang memadai untuk menangani suatu pengaduan berdasarkan tingkat kesulitan penganganan dalam hal jangka waktu yang ditetapkan dalam pedoman ini terlampaui.

 

TAHAP PEMERIKSAAN ATAS PENGADUAN

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut :

  1.  Memeriksa pengaduan, meliputi :

–    Indentitas pengadu;
–    Relepansi kepentingan pengadu;
–    Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya;
–    Bukti-bukti yang dimiliki pengadu.

  1.  Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.
    c.    Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi :

–    Identitas;
–    Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat;
–    Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.

  1.  Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.
    e.    Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir.
    f.    Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan).
    g.    Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan).

 

Alur Proses Informasi

LAPORAN KEUANGAN DIPA (LRA)

LAPORAN KEUANGAN DIPA


Anda bingung bagaimana berperkara di Pengadilan?

TypographySilakan membaca bagaimana prosedur berperkara dan biaya berperkara yang berlaku saat ini pada Pengadilan Agama Tanggamus Kelas IB

PNBPP Tarif Panjar Prosedur Berperkara

Chek Jadwal Sidang

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Selain dapat dilihat pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara, Anda juga dapat melihat jadwal persidangan hari ini dengan meng-click tombol di bawah

 

Akses Salinan Putusan Pengadilan Agama Tanggamus

TypographyPutusan Pengadilan Agama Bengkalis yang telah diunggah pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia dapat diakses oleh publik

Kunjungi

Pantau Progres Pemeriksaan Upaya Hukum Kasasi/PK Anda

TypographySistem Informasi Administrasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIAP-MARI) memuat informasi data perkara pada tingkat kasasi/PK

Kunjungi